Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci Password Tanpa Reset: Solusi Mudah Tanpa Kehilangan Data

Saat ini, HP Samsung telah menjadi salah satu perangkat yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Namun, terkadang kita bisa mengalami kejadian yang

Risma Suryani

Saat ini, HP Samsung telah menjadi salah satu perangkat yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Namun, terkadang kita bisa mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ketika lupa password dan tidak bisa membuka HP Samsung kita. Jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan solusi praktis dan aman untuk membuka HP Samsung yang terkunci password tanpa harus melakukan reset dan kehilangan data yang berharga.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting untuk diingat bahwa metode yang akan kami bagikan di sini hanya untuk digunakan pada HP Samsung yang kita sendiri miliki dan bukan untuk tujuan yang tidak sah. Tetaplah bertanggung jawab dan gunakan informasi ini dengan bijak.

Table of Contents

Menggunakan Metode Find My Mobile Samsung

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan fitur Find My Mobile Samsung. Fitur ini memungkinkan Anda membuka HP Samsung yang terkunci dari jarak jauh menggunakan akun Samsung Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

READ :  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Oppo: Tips dan Trik Terbaru

1. Buka Situs Web Find My Mobile Samsung

Pertama, buka situs web Find My Mobile Samsung di perangkat lain, seperti laptop atau tablet.

2. Masuk dengan Akun Samsung Anda

Masuklah ke akun Samsung Anda yang terhubung dengan HP Samsung yang terkunci.

3. Pilih Perangkat yang Terkunci

Setelah masuk, pilih perangkat HP Samsung Anda yang terkunci dari daftar perangkat yang terhubung dengan akun Anda.

4. Pilih Opsi “Unlock My Device”

Setelah memilih perangkat yang terkunci, cari opsi “Unlock My Device” atau “Buka Perangkat Saya” dan klik pada opsi tersebut.

5. Ikuti Petunjuk untuk Membuka HP Samsung

Ikuti petunjuk yang diberikan untuk membuka HP Samsung Anda yang terkunci. Beberapa langkah yang mungkin diminta adalah memasukkan kata sandi akun Samsung Anda atau mengaktifkan fitur “Remote Unlock” di HP Samsung Anda.

Metode Find My Mobile Samsung ini sangat berguna jika Anda telah mengaktifkan fitur ini sebelumnya dan menghubungkan HP Samsung Anda dengan akun Samsung. Namun, jika Anda tidak pernah mengaktifkan fitur ini atau tidak terhubung dengan akun Samsung, Anda dapat mencoba metode berikutnya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka HP Samsung yang terkunci tanpa reset. Berikut adalah beberapa aplikasi terpercaya yang dapat Anda gunakan:

1. Find My Device

Aplikasi Find My Device merupakan aplikasi resmi dari Google yang dapat membantu Anda melacak dan membuka HP Samsung yang terkunci. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store di perangkat lain dan menggunakannya untuk membuka HP Samsung Anda yang terkunci.

2. Dr.Fone – Unlock (Android)

Dr.Fone – Unlock (Android) adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka HP Samsung yang terkunci tanpa harus melakukan reset. Aplikasi ini memiliki fitur yang ampuh dan dapat diandalkan untuk mengatasi masalah kunci layar pada HP Samsung.

3. Tenorshare 4uKey for Android

Tenorshare 4uKey for Android juga merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka HP Samsung yang terkunci. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang user-friendly dan dapat mengatasi berbagai jenis kunci layar, termasuk pola, PIN, dan password.

Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yang terpercaya. Baca ulasan pengguna dan lakukan riset sebelum memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan Metode Find My Device Google

Jika Anda telah menghubungkan HP Samsung Anda dengan akun Google, Anda dapat menggunakan fitur Find My Device Google untuk membuka HP Samsung yang terkunci. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Situs Web Find My Device Google

Buka situs web Find My Device Google di perangkat lain, seperti laptop atau tablet.

2. Masuk dengan Akun Google Anda

Masuklah ke akun Google Anda yang terhubung dengan HP Samsung yang terkunci.

3. Pilih Perangkat yang Terkunci

Pilih perangkat HP Samsung Anda yang terkunci dari daftar perangkat yang terhubung dengan akun Anda.

4. Pilih Opsi “Lock” atau “Kunci”

Setelah memilih perangkat yang terkunci, cari opsi “Lock” atau “Kunci” dan klik pada opsi tersebut.

READ :  Cara Mencari Supplier Tangan Pertama: Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis Anda

5. Atur Password Baru

Atur password baru untuk HP Samsung Anda. Pastikan untuk mengingat password baru yang Anda buat.

6. Buka HP Samsung dengan Password Baru

Gunakan password baru yang telah Anda atur untuk membuka HP Samsung Anda yang terkunci.

Fitur Find My Device Google sangat berguna jika Anda telah menghubungkan HP Samsung Anda dengan akun Google. Namun, jika Anda tidak pernah menghubungkan HP Samsung Anda dengan akun Google atau fitur ini tidak aktif, metode ini tidak akan berhasil. Pada kasus seperti ini, Anda dapat mencoba metode lainnya.

Menghubungi Layanan Dukungan Samsung

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi layanan dukungan resmi Samsung untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Temukan Informasi Kontak Layanan Dukungan Samsung

Cari informasi kontak layanan dukungan Samsung di situs web resmi Samsung atau dalam buku manual HP Samsung Anda.

2. Hubungi Layanan Dukungan Samsung

Hubungi layanan dukungan Samsung melalui telepon atau email dan jelaskan masalah yang Anda alami dengan HP Samsung yang terkunci.

3. Ikuti Instruksi yang Diberikan

Ikuti instruksi yang diberikan oleh petugas layanan dukungan Samsung untuk membuka HP Samsung Anda yang terkunci. Mereka dapat memberikan solusi khusus yang sesuai dengan situasi Anda.

Jika Anda memilih untuk menghubungi layanan dukungan Samsung, pastikan Anda memiliki informasi yang diperlukan, seperti nomor seri HP Samsung Anda, bukti pembelian, dan informasi akun yang terkait dengan HP Samsung Anda.

Menggunakan Metode USB Debugging

Jika Anda ingin mencoba metode yang sedikit lebih teknis, Anda dapat menggunakan metode USB Debugging untuk membuka HP Samsung yang terkunci. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Buka Pengaturan HP Samsung Anda dan cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Di sana, cari opsi “Nomor Pencetakan” dan ketuk tujuh kali hingga muncul pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah menjadi pengembang.

2. Kembali ke Pengaturan Utama

Kembali ke pengaturan utama HP Samsung Anda dan cari opsi “Opsi Pengembang”. Ketuk opsi ini untuk masuk ke pengaturan pengembang.

3. Aktifkan USB Debugging

Di pengaturan pengembang, cari opsi “USB Debugging” dan aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

4. Sambungkan HP Samsung ke Komputer

Sambungkan HP Samsung yang terkunci ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai.

5. Buka Command Prompt atau TerminalSetelah HP Samsung terhubung ke komputer, buka Command Prompt jika Anda menggunakan Windows atau Terminal jika Anda menggunakan Mac atau Linux.

> 6. Ketik Perintah ADBDi Command Prompt atau Terminal, ketik perintah berikut untuk memastikan HP Samsung terdeteksi:“`adb devices“`Jika perangkat terdeteksi, akan muncul daftar perangkat yang terhubung.

> 7. Ketik Perintah untuk Menghapus File PasswordKetik perintah berikut untuk menghapus file password yang menyebabkan HP Samsung terkunci:“`adb shell rm /data/system/gesture.key“`Perintah ini akan menghapus file yang bertanggung jawab atas kunci layar pada HP Samsung.

> 8. Restart HP SamsungSetelah menghapus file password, ketik perintah berikut untuk me-restart HP Samsung:“`adb reboot“`HP Samsung akan restart dan kunci layar akan dihapus.

> 9. Buka HP Samsung Tanpa PasswordSetelah HP Samsung restart, Anda akan dapat membuka HP Samsung tanpa harus memasukkan password. Anda dapat langsung mengakses semua data dan fitur di dalam HP Samsung.

Metode USB Debugging membutuhkan sedikit pengetahuan teknis dan memanfaatkan alat pengembang yang ada di HP Samsung. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman dengan langkah-langkah teknis ini, disarankan untuk tidak melanjutkan metode ini dan mencoba metode lainnya.

Menggunakan Metode Hard Reset

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode terakhir, yaitu metode hard reset. Perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data yang ada di HP Samsung Anda. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data yang penting sebelum melanjutkan metode ini.

1. Matikan HP Samsung

Matikan HP Samsung Anda dengan menekan tombol daya dan memilih opsi “Matikan” atau “Power Off”.

2. Masuk ke Recovery Mode

Untuk masuk ke Recovery Mode, tahan tombol daya, tombol penurunan volume, dan tombol home secara bersamaan. Setiap HP Samsung memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke Recovery Mode, jadi pastikan untuk mencari informasi spesifik untuk model HP Samsung Anda.

3. Navigasi ke Opsi “Wipe Data/Factory Reset”

Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih. Cari opsi yang bertuliskan “Wipe Data/Factory Reset” atau serupa dan pilih opsi tersebut.

4. Konfirmasi Pengaturan Ulang

Setelah memilih opsi “Wipe Data/Factory Reset”, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan tersebut. Perhatikan bahwa semua data di HP Samsung Anda akan dihapus. Pastikan Anda telah mencadangkan data yang penting sebelum melanjutkan.

5. Tunggu Proses Selesai

Proses pengaturan ulang akan dimulai dan HP Samsung akan kembali ke pengaturan pabrik. Tunggu proses ini hingga selesai.

6. Reboot HP Samsung

Setelah pengaturan ulang selesai, pilih opsi “Reboot System Now” atau serupa untuk me-restart HP Samsung Anda.

Setelah HP Samsung restart, Anda dapat mengatur ulang HP Samsung sesuai dengan preferensi Anda. Namun, perlu diingat bahwa semua data yang ada sebelumnya akan hilang setelah melakukan hard reset.

Menggunakan Metode Factory Reset melalui Recovery Mode

Jika metode hard reset di atas tidak berhasil atau tidak tersedia, Anda dapat mencoba metode lain melalui Recovery Mode. Metode ini juga akan menghapus semua data yang ada di HP Samsung Anda, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Matikan HP Samsung

Matikan HP Samsung Anda dengan menekan tombol daya dan memilih opsi “Matikan” atau “Power Off”.

2. Masuk ke Recovery Mode

Untuk masuk ke Recovery Mode, tahan tombol daya, tombol penurunan volume, dan tombol home secara bersamaan. Setiap HP Samsung memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke Recovery Mode, jadi pastikan untuk mencari informasi spesifik untuk model HP Samsung Anda.

3. Navigasi ke Opsi “Wipe Data/Factory Reset”

Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih. Cari opsi yang bertuliskan “Wipe Data/Factory Reset” atau serupa dan pilih opsi tersebut.

4. Konfirmasi Pengaturan Ulang

Setelah memilih opsi “Wipe Data/Factory Reset”, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan tersebut. Perhatikan bahwa semua data di HP Samsung Anda akan dihapus. Pastikan Anda telah mencadangkan data yang penting sebelum melanjutkan.

5. Tunggu Proses Selesai

Proses pengaturan ulang akan dimulai dan HP Samsung akan kembali ke pengaturan pabrik. Tunggu proses ini hingga selesai.

6. Reboot HP Samsung

Setelah pengaturan ulang selesai, pilih opsi “Reboot System Now” atau serupa untuk me-restart HP Samsung Anda.

Setelah HP Samsung restart, Anda dapat mengatur ulang HP Samsung sesuai dengan preferensi Anda. Namun, perlu diingat bahwa semua data yang ada sebelumnya akan hilang setelah melakukan factory reset.

Menggunakan Metode Samsung Smart Switch

Metode selanjutnya yang dapat Anda coba adalah menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer data dan mengatur ulang HP Samsung Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan Instal Samsung Smart Switch

Unduh dan instal aplikasi Samsung Smart Switch di perangkat lain, seperti laptop atau tablet.

2. Buka Samsung Smart Switch

Buka aplikasi Samsung Smart Switch yang telah diinstal dan pilih opsi “Backup & Restore”.

3. Sambungkan HP Samsung ke Perangkat Lain

Sambungkan HP Samsung yang terkunci ke perangkat lain menggunakan kabel USB.

4. Pilih Opsi “Restore”

Di aplikasi Samsung Smart Switch, pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan data ke HP Samsung Anda.

5. Ikuti Petunjuk yang Diberikan

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Samsung Smart Switch untuk mengatur ulang HP Samsung Anda. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Metode Samsung Smart Switch dapat membantu Anda mengatur ulang HP Samsung Anda tanpa harus kehilangan data yang berharga. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya berfungsi jika Anda telah menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch sebelumnya dan telah mencadangkan data HP Samsung Anda.

Menggunakan Metode Teknik Bypassing

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah metode teknik bypassing. Metode ini melibatkan beberapa langkah teknis yang kompleks dan tidak direkomendasikan untuk pengguna yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup. Jika Anda ingin mencoba metode ini, pastikan Anda memahami setiap langkah dan risikonya. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam metode ini:

1. Buka Aplikasi Telepon

Pada layar kunci HP Samsung, buka aplikasi telepon dan masukkan kode *#0808# atau *#9090#.

2. Pilih Opsi “USB Settings”

Setelah memasukkan kode tersebut, Anda akan dibawa ke menu “USB Settings” atau serupa. Pilih opsi yang sesuai dengan perangkat Anda.

3. Aktifkan “DM+ACM+ADB” atau “DM+MODEM+ADB”

A

Setelah memilih opsi “USB Settings”, aktifkan opsi “DM+ACM+ADB” atau “DM+MODEM+ADB” dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

4. Sambungkan HP Samsung ke Komputer

Sambungkan HP Samsung yang terkunci ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai.

5. Buka Command Prompt atau Terminal

Buka Command Prompt jika Anda menggunakan Windows atau Terminal jika Anda menggunakan Mac atau Linux.

6. Ketik Perintah ADB

Di Command Prompt atau Terminal, ketik perintah berikut untuk memastikan HP Samsung terdeteksi:“`adb devices“`Jika perangkat terdeteksi, akan muncul daftar perangkat yang terhubung.

7. Ketik Perintah untuk Menghapus File Password

Ketik perintah berikut untuk menghapus file password yang menyebabkan HP Samsung terkunci:“`adb shell rm /data/system/gesture.key“`Perintah ini akan menghapus file yang bertanggung jawab atas kunci layar pada HP Samsung.

8. Restart HP Samsung

Setelah menghapus file password, ketik perintah berikut untuk me-restart HP Samsung:“`adb reboot“`HP Samsung akan restart dan kunci layar akan dihapus.

9. Buka HP Samsung Tanpa Password

Setelah HP Samsung restart, Anda akan dapat membuka HP Samsung tanpa harus memasukkan password. Anda dapat langsung mengakses semua data dan fitur di dalam HP Samsung.

Metode teknik bypassing ini melibatkan langkah-langkah yang lebih kompleks dan dapat berbeda untuk setiap model HP Samsung. Selain itu, metode ini juga memiliki risiko dan dapat melanggar kebijakan keamanan. Disarankan untuk hanya menggunakan metode ini jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang memadai dan memahami risikonya.

Dalam kesimpulannya, lupa password pada HP Samsung bukanlah hal yang tidak bisa diatasi. Dengan menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuka HP Samsung yang terkunci password tanpa harus melakukan reset dan kehilangan data yang berharga. Namun, perlu diingat bahwa setiap metode memiliki risiko tersendiri, jadi pastikan untuk melakukan riset dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, disarankan untuk menghubungi layanan dukungan resmi Samsung untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah dengan HP Samsung yang terkunci password. Selamat mencoba!

Risma Suryani

Inspirasi Terang, Wawasan Mendalam. Selamat Datang di Super.or.id. sumber informasi terkemuka yang menyajikan wawasan mendalam dan inspirasi terang dalam setiap artikel!

Related Post

Leave a Comment