Cara Melihat Pesan Berbintang di WhatsApp: Tips dan Trik Terbaru!

Selamat datang di artikel kami tentang cara melihat pesan berbintang di WhatsApp! Apakah Anda sering kali bingung dengan pesan yang diberi bintang di aplikasi WhatsApp?

Risma Suryani

Selamat datang di artikel kami tentang cara melihat pesan berbintang di WhatsApp! Apakah Anda sering kali bingung dengan pesan yang diberi bintang di aplikasi WhatsApp? Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Anda memahami seluk-beluk cara melihat pesan berbintang di WhatsApp dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melihat pesan berbintang di WhatsApp, serta beberapa tips dan trik terbaru yang akan memudahkan penggunaan aplikasi ini. Jadi, mari kita mulai!

Sebagai pengguna aktif WhatsApp, Anda pasti sudah familiar dengan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna adalah pesan berbintang. Pesan berbintang adalah cara yang sangat praktis untuk menandai pesan-pesan penting yang ingin Anda simpan atau akses kembali nantinya. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara melihat pesan berbintang di WhatsApp. Oleh karena itu, kami telah merangkum panduan lengkap tentang cara melihat pesan berbintang di WhatsApp agar Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses pesan-pesan yang Anda tandai. Mari kita lihat!

Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama dalam cara melihat pesan berbintang di WhatsApp adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal versi terbaru dari aplikasi ini untuk memastikan Anda dapat menggunakan semua fitur terbaru yang disediakan oleh WhatsApp.

Setelah Anda membuka aplikasi WhatsApp, Anda akan melihat tampilan beranda atau layar utama aplikasi ini. Di sini, Anda akan melihat daftar percakapan dengan kontak atau grup yang Anda miliki di WhatsApp. Untuk melihat pesan berbintang, langkah selanjutnya adalah membuka menu pesan.

Membuka Menu Pesan

Untuk membuka menu pesan, Anda cukup menekan ikon “Pesan” yang terletak di bagian bawah layar ponsel Anda. Ikon ini biasanya berbentuk balon obrolan dengan simbol berbentuk segitiga di dalamnya. Ketika Anda menekan ikon “Pesan”, Anda akan langsung diarahkan ke menu pesan di WhatsApp.

Di menu pesan, Anda akan melihat daftar semua percakapan yang Anda miliki di WhatsApp. Percakapan ini terurut berdasarkan waktu, dengan percakapan terbaru berada di bagian atas daftar. Setiap percakapan ditandai dengan nama kontak atau grup yang terlibat, serta foto profil jika ada. Anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk melihat semua percakapan yang ada.

Buka Menu Pesan Berbintang

Setelah membuka menu pesan, langkah selanjutnya adalah membuka menu pesan berbintang di WhatsApp. Menu pesan berbintang adalah tempat di mana semua pesan yang pernah Anda beri bintang akan terkumpul. Untuk membuka menu pesan berbintang, Anda perlu melakukan beberapa langkah tambahan.

Pertama, Anda perlu menekan ikon tiga titik vertikal yang terletak di pojok kanan atas layar ponsel Anda. Ikon ini adalah ikon untuk menu pengaturan dan opsi tambahan di WhatsApp. Ketika Anda menekan ikon ini, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia.

READ :  Cara Mengatasi Tuyul Masuk Rumah: Tips Ampuh untuk Mengusir Makhluk Halus

Dari daftar opsi yang muncul, Anda perlu mencari dan memilih opsi “Pesan Berbintang”. Biasanya, opsi ini terletak di tengah daftar opsi dan ditandai dengan ikon bintang berwarna kuning. Setelah Anda memilih opsi “Pesan Berbintang”, Anda akan diarahkan langsung ke menu pesan berbintang di WhatsApp.

Lihat Pesan Berbintang

Sekarang Anda telah berhasil membuka menu pesan berbintang di WhatsApp. Di sini, Anda akan melihat semua pesan yang pernah Anda beri bintang. Pesan-pesan ini dapat berupa teks, gambar, video, atau bahkan file dokumen. Semua pesan berbintang ini terurut berdasarkan waktu, dengan pesan terbaru berada di bagian atas daftar.

Anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk melihat semua pesan berbintang yang ada. Jika Anda ingin membuka pesan secara individual, Anda cukup menekan pesan yang ingin Anda buka. Setelah Anda menekan pesan tersebut, Anda akan melihat pesan dengan lebih jelas dan detail.

Pada pesan berbintang, WhatsApp juga menampilkan informasi tambahan seperti waktu pengiriman pesan dan nama pengirim. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda dalam mengenali dan mengakses pesan yang Anda cari atau butuhkan.

Cari Pesan Berbintang

Jika Anda memiliki banyak pesan berbintang dan ingin mencari pesan tertentu, WhatsApp juga menyediakan fitur pencarian yang memudahkan Anda dalam menemukan pesan yang Anda cari. Fitur pencarian ini sangat berguna ketika Anda memiliki banyak pesan berbintang dan tidak ingin melihat satu per satu.

Untuk menggunakan fitur pencarian, Anda perlu menekan ikon kaca pembesar yang terletak di pojok kanan atas layar ponsel Anda. Ikon ini adalah ikon untuk fitur pencarian di WhatsApp. Ketika Anda menekan ikon ini, Anda akan melihat kotak kosong di mana Anda dapat memasukkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda cari.

Setelah Anda memasukkan kata kunci atau frasa yang ingin Anda cari, WhatsApp akan melakukan pencarian dan menampilkan semua pesan berbintang yang sesuai dengan kata kunci atau frasa yang Anda masukkan. Anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk melihat semua hasil pencarian yang ada.

Pada setiap hasil pencarian, WhatsApp juga menampilkan sebagian teks pesan yang relevan dengan kata kunci atau frasa yang Anda cari. Hal ini membantu Anda dalam menentukan apakah hasil pencarian tersebut sesuai dengan yang Anda cari atau tidak.

Kelola Pesan Berbintang

Selain melihat pesan berbintang, Anda juga dapat mengelola pesan-pesan ini sesuai kebutuhan Anda. WhatsApp memberikan Anda beberapa opsi untuk mengelola pesan berbintang, mulai dari menghapus pesan, membatalkan bintang pada pesan, hingga mengatur pengingat pada pesan. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing opsi tersebut.

Menghapus Pesan Berbintang

Jika ada pesan berbintang yang sudah tidak relevan atau tidak Anda butuhkan lagi, Anda dapat menghapusnya dengan mudah di WhatsApp. Untuk menghapus pesan berbintang, Anda perlu melakukan beberapa langkah tambahan.

READ :  Cara Memindahkan File ke Flashdisk: Panduan Lengkap

Pertama, Anda perlu menahan pesan yang ingin Anda hapus. Anda dapat melakukannya dengan menekan pesan tersebut dan menahan tekan selama beberapa detik. Setelah Anda menahan pesan, beberapa opsi akan muncul di bagian atas layar.

Dari opsi yang muncul, Anda perlu mencari dan memilih opsi “Hapus” atau ikon tong sampah. Biasanya, opsi ini terletak di pojok kanan atas layar. Setelah Anda memilih opsi “Hapus”, pesan berbintang yang Anda pilih akan langsung dihapus dari menu pesan berbintang.

Anda juga dapat menghapus beberapa pesan berbintang sekaligus dengan cara yang sama. Cukup tahan pesan pertama yang ingin Anda hapus, lalu tandai pesan-pesan lain yang ingin Anda hapus dengan mengetuknya. Setelah Anda menandai pesan-pesan yang ingin dihapus, pilih opsi “Hapus” atau ikon tong sampah yang muncul di bagian atas layar.

Membatalkan Bintang pada Pesan

Terkadang, ada pesan berbintang yang tidak lagi Anda anggap penting atau tidak perlu ditandai lagi. Untuk membatalkan bintang pada pesan, WhatsApp juga menyedikan opsi yang memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk membatalkan bintang pada pesan berbintang di WhatsApp.

Pertama, Anda perlu menahan pesan yang ingin Anda batalkan bintangnya. Caranya sama seperti saat Anda ingin menghapus pesan berbintang, yaitu dengan menekan pesan tersebut dan menahan tekan selama beberapa detik. Setelah Anda menahan pesan, beberapa opsi akan muncul di bagian atas layar.

Dari opsi yang muncul, Anda perlu mencari dan mengetuk ikon bintang yang merupakan ikon untuk memberikan bintang pada pesan. Biasanya, ikon ini terletak di pojok kanan atas layar. Setelah Anda mengetuk ikon bintang, pesan berbintang yang Anda pilih akan kehilangan tanda bintangnya dan tidak lagi terlihat di menu pesan berbintang.

Anda juga dapat membatalkan bintang pada beberapa pesan berbintang sekaligus dengan cara yang sama. Cukup tahan pesan pertama yang ingin Anda batalkan bintangnya, lalu tandai pesan-pesan lain yang ingin Anda batalkan bintangnya dengan mengetuknya. Setelah Anda menandai pesan-pesan yang ingin dibatalkan bintangnya, pilih ikon bintang yang muncul di bagian atas layar.

Atur Pengingat Pesan Berbintang

Jika Anda ingin mendapatkan pengingat tentang pesan berbintang yang Anda simpan, WhatsApp juga menyediakan fitur pengingat yang dapat Anda atur. Fitur ini berguna untuk memastikan Anda tidak melewatkan pesan berbintang yang penting. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur pengingat pada pesan berbintang di WhatsApp.

Pertama, Anda perlu menahan pesan yang ingin Anda atur pengingatnya. Caranya sama seperti saat Anda ingin menghapus atau membatalkan bintang pada pesan berbintang, yaitu dengan menekan pesan tersebut dan menahan tekan selama beberapa detik. Setelah Anda menahan pesan, beberapa opsi akan muncul di bagian atas layar.

Dari opsi yang muncul, Anda perlu mencari dan mengetuk ikon jam yang merupakan ikon untuk mengatur pengingat pada pesan. Biasanya, ikon ini terletak di pojok kanan atas layar. Setelah Anda mengetuk ikon jam, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan pengingat.

READ :  Cara Ujian Online di HP: Panduan Lengkap dan Praktis

Pilih opsi yang sesuai dengan keinginan Anda, misalnya “15 menit”, “1 jam”, atau “1 hari sebelumnya”. Setelah Anda memilih opsi pengingat, WhatsApp akan secara otomatis mengirimkan pengingat kepada Anda sesuai dengan waktu yang Anda atur sebelum pesan berbintang tersebut terkirim.

Berbagi Pesan Berbintang

Jika Anda ingin berbagi pesan berbintang dengan kontak lain di WhatsApp, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Fitur ini berguna jika Anda ingin menyampaikan pesan penting atau menarik perhatian orang lain terhadap pesan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi pesan berbintang di WhatsApp.

Pertama, Anda perlu menahan pesan yang ingin Anda bagikan. Caranya sama seperti saat Anda ingin menghapus, membatalkan bintang, atau mengatur pengingat pada pesan berbintang, yaitu dengan menekan pesan tersebut dan menahan tekan selama beberapa detik. Setelah Anda menahan pesan, beberapa opsi akan muncul di bagian atas layar.

Dari opsi yang muncul, Anda perlu mencari dan mengetuk ikon panah yang merupakan ikon untuk berbagi pesan. Biasanya, ikon ini terletak di pojok kanan atas layar. Setelah Anda mengetuk ikon panah, WhatsApp akan membuka daftar kontak atau grup yang ada di aplikasi ini.

Pilih kontak atau grup yang ingin Anda bagikan pesan berbintang tersebut. Setelah Anda memilih kontak atau grup, WhatsApp akan secara otomatis membuka jendela obrolan baru dengan kontak atau grup tersebut dan pesan berbintang akan terlampir di dalamnya.

Tips dan Trik Tambahan

Terkadang, ada beberapa tips dan trik tambahan yang dapat memudahkan Anda dalam menggunakan fitur pesan berbintang di WhatsApp. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba.

Beri Bintang Cepat

Jika Anda ingin dengan cepat memberi bintang pada pesan tanpa harus membukanya terlebih dahulu, WhatsApp memiliki fitur “Beri Bintang Cepat” yang dapat mempercepat proses ini. Caranya adalah dengan menggesekkan pesan dari kiri ke kanan di menu pesan utama.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup gesekkan jari Anda dari kiri ke kanan pada pesan yang ingin Anda beri bintang. Setelah Anda melakukannya, pesan tersebut akan langsung diberi bintang dan akan muncul di menu pesan berbintang.

Filter Pesan Berbintang

Jika Anda memiliki banyak pesan berbintang dan ingin menyaring pesan-pesan tersebut berdasarkan jenis konten seperti teks, gambar, atau video, Anda dapat menggunakan fitur “Filter Pesan Berbintang” di menu pesan berbintang. Fitur ini memudahkan Anda dalam menemukan pesan berbintang yang Anda cari dengan lebih cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, buka menu pesan berbintang dan pilih opsi “Filter Pesan Berbintang”. Setelah Anda memilih opsi tersebut, WhatsApp akan menampilkan beberapa pilihan filter, seperti “Teks”, “Gambar”, “Video”, dan lain sebagainya. Pilih filter yang sesuai dengan jenis konten yang Anda cari, dan WhatsApp akan menampilkan semua pesan berbintang yang sesuai dengan filter yang Anda pilih.

Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengakses pesan berbintang di WhatsApp. Jangan ragu untuk menandai pesan-pesan yang penting dan gunakan WhatsApp dengan lebih efisien! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membacanya!

Sumber Gambar: Unsplash.com

Sumber Gambar: Pexels.com

Risma Suryani

Inspirasi Terang, Wawasan Mendalam. Selamat Datang di Super.or.id. sumber informasi terkemuka yang menyajikan wawasan mendalam dan inspirasi terang dalam setiap artikel!

Related Post

Leave a Comment